4 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda, dari Genetik hingga Kurang Gizi

Uban atau rambut abu-abu identik dengan orang tua. Tapi, kini tak sedikit orang yang berusia masih muda juga sudah beruban. Kondisi ini sering dikaitkan dengan stres. Semakin tinggi tingkat stres, semakin tinggi pula risiko beruban di usia muda.

Namun, penyebab uban prematur bukan hanya stres. Menurut laman Times of India, ada beberapa penyebab lain yang mempercepat kemunculannya. Simak daftarnya.

1. Genetik

Genetik atau keturunan adalah salah satu faktor paling umum yang bertanggung jawab untuk rambut beruban prematur pada pria, wanita, anak-anak. Gen uban tumbuh sejak lahir dan seterusnya; ketika akhirnya terbukti benar, tidak ada obat yang dapat mengubahnya.

2. Produksi melanin rendah

Sel-sel dalam folikel rambut yang disebut melanosit menghasilkan dua pigmen: pheomelanin dan eumelanin. Molekul pigmen ini bergabung bersama untuk memberikan warna rambut alami manusia, tetapi seiring waktu, produksi pigmen ini makin rendah.

3. Stres

Stres adalah sesuatu yang bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Jenis stres yang Anda alami akan menentukan bagaimana perasaan dan penampilan tubuh Anda, serta suasana hati atau perilaku seperti apa yang muncul dalam diri Anda saat berada di bawah jenis ketidaknyamanan ini – apakah itu emosional, fisik, atau keduanya!

4. Kurang gizi

Vitamin B-12 diperlukan dan esensial untuk meningkatkan kesehatan sistem saraf, fungsi otak, serta perkembangan otot jantung. Vitamin ini juga membantu membuat sel darah merah. Ini artinya tubuh sangat membutuhkannya. Makanan mengandung protein seperti yang ditemukan pada ikan atau daging serta mineral seperti potasium yang mengatur tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.