Alergi Kulit Pada Bayi

Sebagai seorang Ibu pasti anda akan khawatir jika terdapat ruam pada kulit bayi anda. Secara umum, ruam tersebut biasanya disebabkan oleh alergi pada anak-anak. Alergi sebetulnya bukan penyakit berbahaya jika anda bisa melakukan penangangan dengan baik.

So, apa sih penyebab alergi kulit pada bayi yang biasanya terjadi. Berikut ini adalah pemaparan tentang alergi kulit bayi yang dirangkum secara ringkas dan padat.

Jenis Alergi Kulit Bayi

  1. Bengkak dan Gatal

Munculnya bercak merah yang membenjol di kulit atau gatalnya permukaan kulit biasanya tidak berlangsung secara lama. Hal itu biasanya sembut tanpa pengobatan apapun.

Jenis alergi ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti misalnya gigitan serangga, nyamuk, getah tanaman ataupun alergi dengan makanan-makanan tertentu.

Jika hal tersebut terjadi pada bayi anda ada baiknya dilakukan penangangan berupa menghentikan konsumsi makanan tertentu atau menjaga bayi agar tetap aman dari gigitan serangga.

  1. Dermatitis Kontak

Jenis alergi dermatitis kontak merupakan salah satu jenis alergi yang disebabkan oleh gesekan atau kontak langsung dengan benda atau zat pemicu alergi. Gejala yang terjadi pada alergi jenis ini biasanya adalah ruam, kulit kering atau bersisik dan juga rasa gatal yang parah.

Adapun, zat pemicu alergi sendiri biasanya datang dari beberapa benda yang sering digunakan seperti misalnya sabun, jarum tindik bayi dan juga obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh bayi.

  1. Alergi Air Liur

Alergi bisa disebabkan juga oleh air liur bayi yang biasanya membasahi bagian mulut dan juga dagu bayi. Gejala dari alergi jenis ini adalah mungcuknya bintik merah atau ruam pada area sekitar mulut, dada ataupun dagu.

Alergi jenis ini sebetulnya tidak berbahaya jika ruam berwarna kemerahan, namun, jika ruam berwarna kuning ataupun menimbulkan kerak sebaiknya anda perlu waspada dan melakukan konsultasi pada dokter anak terdekat.

  1. Eksim

Selain yang disebutkan diatas, ada juga alergi yang disebabkan oleh eksim. Alergi jenis ini adalah jenis yang paling banyak menjangkiti bayi atau anak-anak.

Jika bayi anda mengalami ruam di kepala kemudian menyebar ke seluruh tubuh. Ada baiknya anda segera menghubungi dokter dan minta untuk penangangan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.