Cara Menjalin Hubungan Profesional dan Personal dengan Rekan Kerja

Bekerja bukan hanya soal menyelesaikan tugas, mengikuti arahan atasan, namun juga menjalin hubungan dengan rekan kerja. Ada orang yang luwes berinteraksi di kantor, ada pula yang kaku atau cenderung menutup diri dari teman kerja.

Pola komunikasi horizontal ini penting untuk membangun jejaring pertemanan. Sebab, di mana pun berada, kamu tentu ingin punya teman. Komunikasi dengan rekan kerja yang buruk dapat memengaruhi kinerja karena terkadang kamu harus bekerja sendiri atau dalam tim. Berikut cara menjalin hubungan profesional dan personal dengan rekan kerja:

Jika ada kendala saat mengerjakan tugas, kamu sebaiknya memahami dulu bagaimana garis hierarki atau struktural perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui siapa atasan langsung, atasan tidak langsung, dan rekan yang sejajar. Kamu juga bisa meminta referensi dari seorang teman untuk mengetahui ke mana harus minta tolong.

Untuk pekerja senior, mungkin lebih tertarik membangun komunikasi langsung, sementara karyawan yang lebih muda, cenderung dengan komunikasi lewat teks. Sebaiknya jangan sampai keliru dalam menerapkan metode komunikasi ini karena kamu akan mendapatkan respons yang tidak menyenangkan.

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN | BROSIX

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.