Top 3 Tekno Berita Hari Ini: 4 Status Erupsi, Pesta Eropa Jadi Klaster Omicron

Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Gunung Semeru di Jawa Timur pada 4 Desember 2021 lalu mengalami erupsi sekitar pukul 15.00 WIB. Erupsi gunung ini disertai guguran lava dan awan panas yang merusak rumah-rumah warga dan lingkungan sekitarnya.

Berita terpopuler selanjutnya tentang serangkaian acara perayaan meriah di beberapa negara Eropa berakhir pada melonjaknya kasus dan meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19, khususnya varian Omicron. Pesta tersebut menjadi klaster penyebaran virus yang dinyatakan sebagai varian of concern (VOC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Selain itu, Peneliti Gunung Api atau Volcano Hazard Universitas Gadjah Mada (UGM) Herlan Darmawan menjelaskan bahwa Gunung Semeru merupakan gunung api stratovulcano yang juga menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3676 meter. Dalam catatan sejarah, Semeru sudah meletus sejak 1818 sampai 2021.

Berikut tiga berita terpopuler di kanal Tekno.

1. 4 Status Erupsi Gunung Semeru dan Merapi, ini Penjelasan Level 1 hingga 4

Gunung Semeru di Jawa Timur pada 4 Desember 2021 lalu mengalami erupsi sekitar pukul 15.00 WIB. Erupsi gunung ini disertai guguran lava dan awan panas yang merusak rumah-rumah warga dan lingkungan sekitarnya.

Selain Gunung Semeru di Jawa Timur, di beberapa wilayah Indonesia juga terdapat gunung aktif yang sewaktu-waktu bisa mengalami erupsi, di antaranya Gunung Merapi Jawa Tengah dan Yogyakarta, Gunung Sinabung Sumatera Utara, dan Gunung Ili Lewotolok Nusa Tenggara Timur.

Sebagaian masyarakat sudah mengenali 4 status Gunung Merapi yang dirincikan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi di situs merapi.bgl.esdm.go.id, berikut hal yang perlu dilakukan:

2. Serangkaian Pesta di Eropa Jadi Klaster Penyebaran Varian Omicron

Serangkaian acara perayaan meriah di beberapa negara Eropa berakhir pada melonjaknya kasus dan meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19, khususnya varian Omicron. Pesta tersebut menjadi klaster penyebaran virus yang dinyatakan sebagai varian of concern (VOC) oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO.

Setidaknya sudah ada empat laporan pesta di Eropa di mana sepertiga atau lebih orang yang hadir telah terinfeksi. Pakar epidemiologi Gunhild Alvik Nyborg dari organisasi penanganan pandemi, Covid Action Group, menjelaskan bahwa proporsi orang yang terinfeksi sangat tinggi dari peristiwa ini.

“Ditambah dengan peningkatan kasus yang sangat cepat di Afrika Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan varian itu mungkin jauh lebih kuat untuk menginfeksi,” ujar Nyborg pada Selasa, 8 Desember 2021.

3. Terjadinya Erupsi Gunung Semeru Menurut Ahli Vulkanologi UGM dan ITB

Gunung Semeru di Jawa Timur pada 4 Desember 2021 mengalami erupsi sekitar pukul 15.00. Erupsi gunung ini disertai guguran lava dan awan panas yang merusak rumah-rumah warga dan lingkungan sekitarnya.

Peneliti Gunung Api atau Volcano Hazard Universitas Gadjah Mada (UGM) Herlan Darmawan menjelaskan bahwa Semeru merupakan gunung api stratovulcano yang juga menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan ketinggian mencapai 3676 meter. Dalam catatan sejarah, Semeru sudah meletus sejak 1818 sampai 2021.

“Letusan Gunung Semeru umumnya letusan abu bertipe vulkanian dan strombolian,” ujar Herlan seperti dikutip dari artikel Tempo.co pada Selasa, 7 Desember 2021. Simak Top 3 Tekno Berita Hari Ini lainnya di Tempo.co.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.